3 September 2015

Perjalanan Pulang Kampung dari Batam Ke Desa Panahatan Danau Toba

Halo sahabat online..bagaimana kabar anda hari ini? ya, semoga apapun aktivitas yang kita lakukan tetap berjalan lancar, semangat dan tentunya tetap dalam suasana yang menyenangkan.

Bertemu lagi dengan saya di tulisan ini yang sedikit akan menceritakan perjalanan pulang kampung dengan si kecil dari kota Batam menuju kota Medan tepatnya ke desa Panahatan pinggiran Danau Toba.

Danau Toba mungkin anda sudah pernah dengar. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata yang paling terkenal di Indonesia, di kunjungi banyak turis baik lokal ataupun turis luar.

Tepatnya di pinggiran pesisir pantai Danau Toba adalah desa Panahatan yang merupakan desa kecil di huni beberapa penduduk asli yang masih dalam kondisi natural alias belum banyak tersentuh dengan moderenisasi galmor kehidupan yang biasa kita lihat di perkotaan.
Gambar: Desa Panahatan

Baik, saya mulai dari awal. Untuk travelling dari kota Batam ke Medan, ada 2 jalur yang bisa kita tempuh, pertama melalui kapal laut dan kedua melalui penerbangan pesawat.

Yah, seperti kita ketahui Batam merupakan kota Kepulauan Riau yang letaknya strategis karena berbatasan langsung dengan Negara tetangga Singapura dan Malasya.

Kota ini berada di tengah pulau, yang artinya untuk pergi ke kota lain tidak bisa menggunakan akses darat. Transfortasi yang sering di gunakan hanya menggunakan transfortasi laut atau dengan penerbangan.

Untuk pulang kampung kali ini saya memilih naik pesawat, selain cepat tiba, naik pesawat juga praktis dan tidak terlalu capek jika di banding dengan naik kapal laut yang butuh waktu hingga dua hari agar tiba di pelabuhan Belawan, Medan.

Melalui pesawat, perjalanan dari Bandara Hang Nadim Batam di tempuh tak kurang 1 jam untuk tiba di bandara Kuala Namu, Medan.

Setibanya di Kuala Namu untuk perjalanan menuju Parapat, desa Panahatan kita butuh taxi atau menggunakan bus umum yang banyak di temui di pinggir jalan.

Waktu yang di butuhkan kurang lebih 3 jam, ya tentu saja tergantung dari suasana jalan raya..terkadang bisa cepat, ehh terkadang juga bisa lama hingga 4 jam perjalanan. Kalau anda orang Samosir tentu sudah pada tahu kan?

Baik, lanjut lagi.. setelah menempuh pejalanan dari Kuala Namu menuju Parapat yang memakan waktu kurang lebih 3 jam, di sini kita akan singgah sementara tepatnya di pasar tradisional setempat yang di kenal dengan nama “Tiga Raja”.

Di pekan Tiga Raja, sedikit waktu kita bisa istrahat sambil makan dan bersantai. Di sini ada banyak pemandangan yang tidak biasanya kita lihat seperti di kota-kota besar, pemandangan Danau Toba tentu begitu indah dan mempesona yang membuat siapa saja yang berkunjung kesini akan terkagum-kagum.

Jika anda berkunjung ke tempat ini, mungkin anda sedikit akan merenung.. Betapa indah ciptaan yang maha kuasa dan seisinya.

Ya, Danau Toba..siapa yang tidak mengenal keindahan alam-mu.. helaian angin yang dingin..hempasan riak ombak yang mempesona membuat siapa saja ingin berlama-lama tinggal di tempat ini.

Baik, perjalanan kita ke desa Panahatan belum sampai di sini..Untuk bisa tiba di desa yang penuh dengan pemandangan alam super natural ini, kita harus menggunakan transportasi kapal..

Di Danau Toba ada bermacam-macam kapal, mulai dari yang bermuatan besar,,speed boat hingga ukuran paling kecil yang biasa di sebut penduduk setempat dengan kapal gurtuk-gurtuk. Sebutan yang terdengar lucu,, ya tapi itulah uniknya tempat dan penduduk asli di sini.
Gambar: Naik kapal kecil

Oke…setelah sekitar setengah jam perjalanan melalui kapal kecil, sekarang kita sudah sampai di desa tercinta, yakni Panahatan Village.

Kalau aku bisa sebut sih, Panahatan salah satu surga keindahan yang pernah ada..hahahaha..berlebihan.:)

Di desa kecil ini hanya di huni beberapa warga saja, yakni sekitar 50 rumah tangga. Cuaca di desa kecil ini sangat dingin kususnya di malam hari dan pagi hari, saking dinginnya tak jarang pada waktu kecil dulu sering tidak mandi saat akan pergi ke sekolah. Jadi malu.
Gambar: Desa Panahatan Danau Toba


Demikian dulu sobat coretan saya hari ini, semoga saja bisa bermanfaat atau menghibur anda. Silahkan tambahkan komentar untuk memberi masukan demi kebaikan blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar