2 September 2015

Pertama Kali Belajar Ngeblog Dan Menulis Artikel

Halo dunia, perkenalkan saya dengan Eva Sintauli Tambunan usia saya 28 tahun, saat ini saya tinggal di kota Batam..pekerjaan saya sebagai ibu rumah tangga dari keluarga kecil dengan satu orang anak laki-laki yang sangat saya cintai.
Gambar: Keluarga kecilku

Saya baru saja belajar internet, membuat email, dan blog untuk pertama kali. Ya, saya orang yang tidak terlalu paham dan terbiasa dengan dunia komputer.

Adanya kertarikan untuk belajar buat blog saja karena di ajarin sama adik laki-laki saya yang kebetulan suka ngeblog dan internetan.

Ini merupkan tulisan pertama saya di internet dan merupakan blog pertama. Jadi mohon maaaf ya kalau tulisan saya tidak menarik, ya maklum saja namanya juga baru belajar..ya kan? Hehehe…

Mendengar cerita adik saya, kalau ngeblog itu sesuatu yang menarik dan sebagai wadah untuk membagikan apa saja di internet, saya memberanikan diri membuat tulisan pertama ini walaupun hanya berisi curhatan.

Baik, izinkan saya sharing dengan anda mengenai pengalaman saya membuat blog pertama kali. Pelajaran pertama yang saya dapat dan di praktekkan adalah membuat email atau lebih dikenal orang dengan elektronik mail.

Dari penjelasan yang saya tangkap, email merupakan layanan untuk berkirim surat baik itu berupa tulisan, atau juga video dengan orang lain.

Dengan memanfaatkan email kita bisa dengan leluasa mengirimkan surat atau data apa saja dengan seseorang di internet. Kebetulan email pertama saya menggunakan gmail, yang saya buat dan di bantu dengan adik saya.

Di gmail sendiri ada banyak layanan yang belum pernah saya coba, seperti google plus yang katanya juga merupakan situs sosial media seperti facebook.

Berhasil membuat email gmail merupakan kebanggaan tersendiri buat saya..hehehe. Dari pelajaran pertama ini saya menyimpulkan, membuat email itu ternyata mudah dan tidak perlu lama.

Di internet ternyata ada banyak yang harus kita pelajari sobat, khususnya jika kita belajar ngeblog. Selesai berhasil membuat email, berikutnya saya di anjurkan untuk terlebih dahulu belajar browsing untuk mencari informasi lebih banyak tentang ngeblog.

Tidak paham dengan istilah browsing, lantas saya bertanya browsing itu apaan ya? Dari penjelasan yang saya dapat, ternyata browsing itu hanya istilah kerennya saja sobat. Browsing itu proses mencari informsi di halaman internet menggunakan browser seperti yang saya gunakan saat ini dengan google chrome.

Mulai sedikit paham dengan beberapa istilah yang biasa di gunakan para blogger, di tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga saya mencoba mencari informasi sebanyak mungkin tentang blog dan bagaimana membuat tulisan berupa artikel.

Blog sendiri secara singkat merupakan tempat kita membuat halaman di internet untuk menulis, meletakkan gambar, video yang bisa kita perbaharui kapan saja sehingga memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain atau dunia.

Untuk membuat artikel, saya mencari infromasi dan banyak bertanya dengan adik. Dari internet saya mengumpulkan beberapa infromasi bagaimana cara untuk menciptakan artikel yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain.

Mulai menulis saya praktekkan langsung dengan membuat beberapa tulisan singkat yang isinya tentang pengalaman hidup yang dilalui setiap hari, karena isinya masih ambur-adul ya saya belum berani dan malu untuk memasukkan ke internet. :)

Gambar: Si kecil yang buat saya selalu semangat

Setiap kali saya membaca ulang tulisan yang berhasil saya buat, beberapa perubahan kata saya lakukan agar menarik, simpel..ya tentunya gak malu-maluin jika nantinya di masukkan ke dalam blog ini…hahahahaha..

Tulisan ini saya susun dalam waktu beberapa hari dan di bantu dengan adik saya juga. Jadi ceritanya selesai menulis saya serhakan sama dia untuk di koreksi..

Melalui beberapa perbaikan baik itu kesalahan ketik dan adanya kalimat yang tidak nyambung akhirnya saya memberankian diri untuk mempublikasikan tulisan ini melalui blog pertama saya.

Saya ucapkan banyak terimakasih buat adik saya Patar, yang telah banyak membimbing saya untuk mulai belajar ngeblog.

Bagi teman-teman yang membaca tulisan ini, saya ucapkan terimakasih..mohon maaf kalau hasil tulisan saya tidak menarik buat sobat.

Di tulisan berikutnya saya pasti coba untuk menulis lebih baik serta bermanfaat bagi orang lain. Akhir kata saya ucapkan terimakasih sudah membaca dan berkunjung ke blog sederhana ini.

Saran dan masukan dari teman-teman saya tunggu. Saya percaya dengan adanya kritikan dan respon dari sobat akan membuat saya lebih semangat belajar ngeblog. Salam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar