15 September 2015

Perjalanan Dari Batam Ke Singapore Changi Airport



Perjalanan Dari Batam ke Singapore Airport Changi ~ Batam merupakan salah satu pulau di Indonesia yang letaknya istimewa. Ya, bisa di katakan begitu istimewa karena lokasinya yang strategis dan berbatasan langsung dnegan Negara tetangga seperti Singapore dan Malasya.

Jarak antara Batam dengan Negara Singapore bisa di katakan sangat dekat, hanya di pisahkan oleh laut saja yang berjarak sekitar 25 KM.

Jarak yang begitu dekat membuat masyarakat dari kedua Negara baik Singapore dan Indonesia selalu di sibukkan entah itu untuk keperluan bisnis, sosial ataupun untuk tujuan wisata.

Seperti kita ketahui Negara Singapore merupakan salah saru Negara paling maju dan memiliki tempat pariwisata yang menarik.

Baik teman, langsung saja kita fokus ke judul artikel di atas, kali ini saya akan menceritakan perjalanan singkat saya dari Pulau Batam ke Singapore.

Transfortasi yang bisa kita manfaatklan untuk pergi ke Singapore adalah menggunakan kapal ferry yang banyak tersedia di pelabuhan Batam.

Adapun titik yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk pergi ke Singapore adalah melalui Batam Center, Sekupang ataupun Harbour Bay.

Jadi, tinggal pilih saja mana yang paling dekat dengan temapt tinggal anda. Kebetulan rumah saya saat ini, berada di Batu Aji, dan memilih pelabuhan Batam Center untuk pergi ke Singapore.

Kali ini tujuan perjalanan saya ke Singapore adalah untuk mengantarkan adik saya yang kebetulan transit melalui Bandara Changi Singapore menuju Negara Papua Nugini.

Kami berangkat tepat pada akhir pekan, yakni hari sabtu pagi. Seperti biasanya, sabtu pagi banyak orang yang terlihat sibuk dan ramai berada di pelabuhan.

Dari rumah Batu Aji, kami menggunakan taxi menuju Mega Mall  Batam Center. Dari Batam Center Megamall, hanya berjarak 50 meter saja untuk sampai ke pelabuhan ferry.

Di sini kita bisa mengambil tiket dengan mudah. Jam keberangkatan ferry dari Batam-Singapore atau sebaliknya selalu ada setiap jam.

Di hari normal jam keberangkatan mulai dari pukul 08.00-22.00 malam. Harga tiket sendiri sangat murah, yakni sekitar Rp 200 ribu saja. Jika anda beli di Singapore, anda akan bayar dengan mata uang dollar Singapore sekitar SGD 25, jika di rupiahkan nominalnya sekitar Rp 250 ribu saja. 

Sangat murah kan jika di banding anda harus naik pesawat dari Jakarta menuju Changi Airport Singapore?

Pilihan kapal ferry sendiri ada banyak, seperti Batam Fast, Sindo atau Majestic Fast Ferry. So, we just choose the one is the faster and cheaper.

Kali ini kami memilih ferry Batam Fast, ya armada satu ini di kenal lebih cepat dari ferry lain. Selesai beli tiket sekarang saatnya untuk boarding-pass. Pihak imigrasi akan memeriksa passport dan barang bawaan.

Selesai boarding-pass, sekarang adalah saatnya untuk menunggu jam keberangkatan. Tak butuh waktu lama, kami segera masuk kapal dan berangkat menuju Singapore.

  Gambar: Batam Fast Ferry

Jarak tempuh dari Batam menuju Harbour Front Singapore sekitar 50 menit saja. Ya sangat cepat, ini tak lain karena jarak Batam ke Singapre hanya 25 kilometer saja.

Sesampainya di pelabuhan Harbour Front Batam, kembali lagi kita harus melalui imigrasi, pihak custom akan memeriksa kesesuain data passport.

Sesudah itu kita sudah bisa ambil barang bagasi kembali, dan segera menuju keluar untuk mencari jalur taxi.

Tak seperti kebanyakan kota di Indonesia, Singapore lebih terlihat tertata, bersih dan rapi. Jika anda ingin naik taxi, anda akan berada pada jalur antri, dan dengan teratur satu persatu pessanger akan memasuki taxi yang selalu ada.

Untuk menuju Changi Airport, waktu yang di butuhkan sekitar 15 menit saja dengan tarif taxi sektiar 20 Dollar Singapore.
 Salah satu objek menarik Singapore, Merlion Square

Dan..tadaaa..sekarang kami sudah sampai di Changi Airport, tepatnya di terminal 1. Sekedar mengetahui Changi Airport merupakan salah satu bandara terbaik di dunia, dan di barengi tingkat kesibukan yang juga tinggi setiap saat.

Sampai di sinilah si adik kami antarkan untuk menuju penerbangan berikutnya. Yup, sedih rasanya berpisah..tapi mau gimana lagi.. begitulah yang namanya kerja dan berjuang.

Baik teman.. sampai di sini dulu tulisan saya hari ini, terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel singkat ini. Salam.

Baca juga ya sobat Jembatan Barelang Yang Menjadi Icon Batam, Kepulauan Riau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar