5 September 2015

Jembatan Barelang Yang Menjadi Icon Batam, Kepulauan Riau

Dear sahabat online, masih melanjutkan postingan di blog ini, kali ini penulis akan bercerita mengenai jembatan Barelang atau disebut juga Barelang Bridge yang kerap di jadikan menjadi icon Batam, Kepulauan Riau.

Barelang Bridge merupakan jembatan yang sangat popular di kota Batam, hingga saat ini Barelang selalu ramai di kunjungi turis lokal ataupun luar.

Tak lengkap rasanya setiap orang yang berkunjung ke kota ini jika belum mengunjungi Jembatan Barelang dan mengambil photo yang berlatar belakang Barelang Bridge.
Gambar: Jembatan utama Barelang Batam

Baik, sedikit mengulas Jembatan Barelang di bangun pada tahun pada tahun 1992 hingga 1998 yang menelan dana hingga RP 400 Milyar. Woow!! mungkin jembatan ini termasuk salah satu mega project yang pernah di bangun di Indonesia?

Orang yang memprakarsai atau sebagai otak utama pembangunan Jembatan Barelang adalah Bj Habibie. Ya, mungkin tokoh satu ini tidak akan pernah di lupakan masyarakat Indonesia karena telah banyak menciptakan master piece yang bermanfaat bagi banyak orang.

Barelang sendiri merupakan singkatan dari Batam-Rempang-Galang yang menghubungkan pulau-pulau terpisah yang tidak bisa di akses melalui darat.

Barelang memiliki 6 jembatan untuk menghubungkan pulau-pulau yang terpisah di kota ini, yakni Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan yang terakhir dan paling jauh dari jembatan utama adalah Pulau Galang Baru.

Barelang Bridege merupakan “pilot project” berteknologi tinggi yang sampai melibatkan ratusan insiniur Indonesia tanpa adanya campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Project ini di pimpin langsung oleh salah satu orang yang dinilai paling cerdas di negeri ini yaitu Habibie.

Tujuan di bangunnya Jembatan Barelang, selain untuk menyatukan pulau-pulau terpisah, tentu saja untuk melebarkan area kota Batam.

Hingga saat ini pulau ini masih di atur oleh OB (Otorita Batam) yang bekerja sebagai regulator daerah industri Pulau Batam.

Lebih detail berikut nama ke 6 jembatan Barelang Batam.
1. Jembatan Tengku Fisabilillah yang merupakan jembatan I dan menjadi yang terbesar.

2. Jembatan Nara Singa yang tidak terlalu jauh dengan jembatan pertama, hanya sekitar seratus meter saja anda sudah sampai di jembatan ini. Banyak orang datang ke sini tidak hanya untuk mengambil gambar, tapi mereka duduk bersantai dan memancing ikan. J

3. Jembatan ke III di kenal dengan nama Raja Ali Haji. Jembatan ini juga tidak terlalu jauh jaraknya dari jembatan pertama dan kedua.

4. Jembatan ke IV di beri nama dengan Sultan Zainal Abidin, jika jembatan pertama, kedua dan ketiga cukup berdekatan, namun jembatan ini di tempuh dengan jarak yang agak jauh.

5. Jembatan Barelang yang ke V di kenal dengan nama Tuanku Tambusai, jembatan ini tidak sebesar jembatan pertama. Untuk menempuh dari jembatan pertama, bisa memakan waktu hingga 1 jam perjalanan.

6. Dan terakhir, yang di kenal dengan jembatan ke VI adalah Raja Kecik. Di sinilah banyak pemancing mania memanfaatkan tempat ini untuk memancing ikan.

Bagi yang hobi memancing, biasanya bisa berkungjung dengan membawa peralatan pancing, makanan untuk duduk bersantai satu harian memancing ikan. Total ke enam jembatan ini berjarak sekitar 54 kilometer.

Oh ya hampir lupa, letak Jembatan Barelang berada sekitar 15 kilometer dari pusat kota dan bisa anda tempuh hanya sekitar 30-40 menit perjalanan.

Oke, demikian dulu coretan saya kali ini..semoga bermanfaat. Silahkan berikan komentar, kritikan dan saran anda demi kebaikan blog ini. Terimakasih.

Jangan lupa baca juga: Serunya Menangkap Ikan di Kolam Desa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar